Tugas 5 - Tipe-tipe Kebutuhan

Requirements Analysis Sistem Pemesanan Aplikasi UBER

Nama : Ikhlasul Amal Rivel
NRP : 05111940000145
Kelas : RK B

Definisi Aplikasi

Uber Technologies Inc. adalah perusahaan penyedia layanan Mobility as a Service (MaaS) asal Amerika. Perusahaan ini berbasis di San Francisco yang beroperasi di sekitar 72 negara dan 10.500 kota di seluruh dunia. Layanan yang disediakan oleh aplikasi Uber meliputi ride-hailing, food delivery(Uber Eats and Postmates), package delivery, couriers, freight transportation, electric bicycle dan scooter rental via kemitraan dengan Lime, dan juga ferry transport via kemitraan dengan operator lokal. Uber tidak memiliki kendaraan apa pun, tetapi menerima komisi dari setiap pemesanan. Ada tarif muka yang ditawarkan kepada pelanggan tetapi bervariasi menggunakan model dynamic pricing berdasarkan penawaran dan permintaan lokal pada saat pemesanan.

Tujuan Aplikasi

Uber adalah perusahaan teknologi yang misinya adalah membayangkan kembali cara dunia bergerak menjadi lebih baik. Teknologi Uber membantu dalam pengembangan dan pemeliharaan platform multisisi yang cocok dengan konsumen yang mencari kendaraan dan penyedia layanan perjalanan independen, serta dengan bentuk transportasi lain, termasuk angkutan umum, sepeda, dan skuter.

Selain itu, berikut beberapa penawaran yang disediakan sebagai tujuan dikembangkannya aplikasi Uber:

  • Opsi perjalanan, akses ke suatu tempat sesuai permintaan.
  • Uber Eats, pengiriman makanan sesuai permintaan.
  • Menghasilkan uang dengan Uber, memberikan peluang siapa saja untuk bermitra.
  • Memajukan kota, membantu meningkatkan transportasi umum dan akses bagi yang membutuhkan.
  • Membantu bisnis bergerak maju, sebagaimana Uber Freight dan Uber for Business membantu organisasi di seluruh dunia.
  • Pengiriman di hari yang sama, solusi pengiriman mudah yang memungkinkan orang mengirim barang pada hari yang sama.

Cara Kerja Aplikasi

Berikut langkah demi langkah cara kerja dari aplikasi Uber.

  1. Step 1 : Seorang pelanggan membuka aplikasi
  2. Pelanggan memasukkan tujuannya pada kolom "Mau kemana?" memilih pilihan ukuran kendaraan, harga, dan estimasi tiba sesuai yang diinginkan, kemudian konfirmasi pengambilan.

  3. Step 2 : Pelanggan dicocokkan dengan driver
  4. Driver terdekat melihat dan memilih untuk menerima request perjalanan dari pelanggan. Pelanggan mendapatkan notifikasi otomatis ketika kendaraan driver akan sampai di lokasi penjemputan sekitar 1 menit lagi.

  5. Step 3 : Driver menjemput pelanggan
  6. Driver dan pelanggan memastikan masing-masing nama dan tujuan. Kemudian driver memulai perjalanan.

  7. Step 4 : Driver membawa pelanggan ke tujuan
  8. Aplikasi memberikan driver pilihan untuk mengakses petunjuk arah belokan demi belokan.

  9. Step 5 : Driver dan pelanggan memberi rating dan ulasan
  10. Pada akhir perjalanan, driver dan pelanggan bisa memberikan rating satu sama lain dari bintang 1 sampai 5. Pelanggan juga memiliki pilihan untuk memberikan driver pujian dan tip langsung di aplikasi.

Stakeholder Aplikasi

Berikut beberapa stakeholder yang ada pada aplikasi Uber.

  1. Tim pengembang aplikasi
  2. Project Manager, Business Analyst, Data Modeller, Process Analyst, Tester, Designer, Developer, Product Owner, Documentation, Database Administrator, QC, QA, dll.

  3. Mitra driver
  4. Masyarakat pemilik kendaraan yang bermitra sebagai driver dengan Uber.

  5. Mitra restoran
  6. Pemilik restoran yang menyediakan makanan untuk dipesan melalui aplikasi Uber dan menggunakan jasa pengantaran Uber kepada pelanggan.

  7. Pelanggan
  8. Masyarakat yang menggunakan aplikasi Uber untuk berangkat ke suatu tempat tujuan tertentu atau untuk melakukan pemesanan makanan yang diantar ke tempat yang diinginkan.

  9. Pemilik aplikasi
  10. Pemegang keputusan tertinggi dalam pengembangan aplikasi seperti CEO dari perusahaan Uber, dll.

  11. Pihak ketiga
  12. Pihak dari luar perusahaan yang menyediakan jasa pembayaran dan navigasi untuk membantu kelancaran penggunaan aplikasi Uber.

Functional Requirements

  1. Mitra driver
    • Melakukan pendaftaran sebagai driver
    • Melihat data pelanggan seperti nama, lokasi penjemputan, lokasi tujuan
    • Mengirim pesan ke pelanggan
    • Membatalkan pemesanan pelanggan dengan alasan yang jelas
    • Melihat history pengantaran
  2. Mitra restoran
    • Melakukan pendaftaran sebagai penyedia makanan
    • Mengupdate data makanan restoran pada aplikasi
    • Melihat pesanan makanan dari pelanggan
    • Melihat penghasilan dari penjualan makanan
  3. Pelanggan
    • Melakukan pendaftaran sebagai pengguna
    • Melakukan pemesanan driver atau makanan
    • Melihat menu yang tersedia di restoran
    • Melihat list restoran yang buka
    • Melihat history pemesanan driver atau makanan
    • Mengirim pesan ke driver
    • Memberikan rating dan ulasan kepada driver atau restoran
  4. Pengembang aplikasi
    • Mendapatkan tren dari pelanggan
    • Maintenance aplikasi dengan mudah
  5. Pemilik aplikasi
    • Melakukan verifikasi terhadap pendaftaran mitra dan pelanggan
    • Menerima laporan pendapatan komisi dari aplikasi
  6. Pihak ketiga
    • Mendapatkan biaya admin dari setiap transaksi
    • Menyediakan layanan yang mudah dan lancar

Non-Functional Requirements

  • Aplikasi dapat diakses menggunakan beberapa bahasa tertentu
  • Aplikasi dapat diakses selama 24 jam sehari
  • Aplikasi memiliki latency yang rendah
  • Aplikasi dapat menyesuaikan sistem pembayaran sesuai negara
  • Aplikasi dapat menerima dan memberikan titik lokasi yang akurat
  • Aplikasi tersedia untuk sistem operasi Android dan IOS

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 - Studi Kasus 1

Tugas 9 - RML Modelling

EAS RK B