Tugas 4 - Elisitas

Aplikasi Artca

Ikhlasul Amal Rivel (05111940000145)

Berikut merupakan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak dari aplikasi tersebut yang kami pakai sebagai acuan dalam melakukan analisis.


Deskripsi Aplikasi

Pada saat ini persaingan dalam bisnis online semakin ketat, keberadaan informasi menjadi sangat penting. Demikian halnya dibutuhkan suatu website interaktif untuk memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada konsumen dalam proses jual-beli/ transaksi. Setelah melihat permasalahan tersebut. Perangkat lunak yang akan dikembangkan adalah perangkat lunak Artca, yaitu merupakan perangkat lunakberupa sistem penjualan hasil lukisan sendiri. 

Aplikasi bernama Artca ini dibuat untuk memudahkan para customer atau pengguna dalam memesan atau membeli lukisan karya sendiri. Pada aplikasi ini menampilkan lukisan-lukisan yang sudah tersedia, maupun yang ingin memesan dengan gambar berbeda. Aplikasi ini juga menampilkan estimasi harga dan waktu pemesanan lukisan. Dengan tampilan yang menarik akan membuat pengguna atau customer merasa nyaman.

Sistem e-commerce lukisan ini dibuat untuk memudahkan transaksi jual beli lukisan sebuah toko secara online dengan aman dan nyaman. Pembeli dapat melihat katalog lukisan yang akan ditampilkan berdasarkan jenisnya dan memilih jenis produk yang akan dibeli. Untuk meyakinkan membeli produk yang akan dibeli, sistem akan menampilkan ulasan produk yang dibuat oleh pembeli lainnya.

Elisitas

Elisitasi kebutuhan adalah tahap pertama dari rekayasa kebutuhan perangkat lunak. Dalam elisitasi, kita akan berkomunikasi dengan pelanggan dan pengguna akhir sistem untuk mencari tahu tentang:
  • Nama domain aplikasi
  • Layanan yang harus disediakan sistem
  • Kinerja sistem yang diperlukan
  • Kendala perangkat keras
Pada tugas ini, kami akan melakukan:
  • Identifikasi stakeholder
  • Identifikasi kebutuhan
  • Identifikasi kebutuhan fungsional dan non fungsional

Pada elisitasi kebutuhan ini, kami menggunakan metode wawancara untuk mencari informasi yang diperlukan. Kami menanyakan beberapa pertanyaan kepada stakeholder yang selanjutnya akan kami observasi untuk menentukan kebutuhan dari sistem.

List pertanyaan

  1. Apa masalah/keresahan dalam menjual lukisan konvensional?
  2. Siapa aja yang akan memakai sistem?
  3. Bagaimana proses bisnis e-commers lukisan ini?
  4. Apa yang anda butuhkan sebagai pengguna dari perencanna pembuatan sistem ini?

Identifikasi Stakeholder

Dari observasi yang telah dilakukan, berikut adalah daftar stakeholder dalam sistem ini
  1. Perusahaan, pihak yang akan menggunakan perangkat lunak serta bertanggung jawab atas sistem
  2. Pegawai, pihak yang akan langsung menjalankan atau menggunakan perangkat lunak
  3. Pengguna, pihak yang menggunakan sistem e-commerce untuk melakukan transaksi pembelian
  4. Pengembang aplikasi, pihak yang mengembangkan sistem e-commerce sesuai kebutuhan dan spesifikasi yang disepakati

Kebutuhan

Fungsional
  • Sistem mampu menyediakan akses membuat akun dan login akun 
  • Sistem mampu menampilkan produk 
  • Sistem mampu memberikan akses manajemen seperti penambahan, pengeditan, atau penghapusan produk dan restock produk kepada admin
  • Sistem mampu melakukan checkout produk
  • Sistem mampu melakukan pembayaran produk 
  • Sistem mampu melakukan penerimaan produk, komplain, dan review produk 
Non-Fungsional
  • Aplikasi ini harus dapat beroperasi terus menerus selama 7 hari per minggu, 24 jam per hari
  • Aplikasi ini harus memiliki nilai kenyamanan dipakai yang tinggi bagi user.
  • Aplikasi ini harus menjaga kerahasiaan data pengguna meliputi data diri serta transaksi pembelian agar tidak dapat diakses oleh orang selain pengguna tersebut 
  • Aplikasi ini harus dapat mendeteksi pengiriman produk terkini dan mengubah stok produk pada database secara otomatis

Rincian tim pengembang

  • Project manager
  • Frontend developer
  • Backend developer
  • System analyst
  • Quality assurance
  • UI/UX designer

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tugas 1 - Studi Kasus 1

Tugas 9 - RML Modelling

EAS RK B